Mengenal dua tipe dari mesin penggerak jam tangan analog

mekanik jam tangan

Mengenal dua tipe dari mesin penggerak jam tangan analog

Pada jam tangan analog mesin penggerak jam tangan atau yang bahasa keren nya disebut sebagai “caliber” merupakan alat terpenting yang bertindak sebagai pen-suplai tenaga bagi jam tangan anda. Mekanisme yang terletak di dalam jam tangan ini berperan untuk menggerakan segala komponen jam tangan seperti jarum jam, menit, detik, chronograph dan kalender tahunan dimana juga berfungsi untuk menjaga keakuratan dan ketepatan waktu.
Ada banyak macam mesin penggerak jam tangan yang dibuat oleh banyak produsen jam tangan di dunia, semuanya berlomba-lomba berinovasi untuk menghasilkan mesin yang presisi dan detail. Namun walaupun beragam jenis mesin penggerak yang dihasilkan oleh mereka, tidak akan lepas dari dua kategori yaitu menggunakan teknologi baterai (quartz) atau menggunakan teknologi mekanik (mechanical) sebagai penggerak mesin jam tangannya.
Cara termudah untuk membedakan antara jam tangan yang menggunakan tenaga baterai atau jam tangan yang menggunakan jam tangan mekanik (automatic) adalah melihat dari gerakan jarum detiknya. Jam tangan yang menggunakan baterai gerakan tiap detiknya terlihat seperti ada jeda (waktu berhenti) seper-sekian millisecond sebelum pindah dari satu detik ke detik yang lainya, sedangkan jam tangan dengan tenaga mekanik memiliki gerakan jarum detik yang lebih halus dan terus bergeser dari satu detik ke detik yang lainnya tanpa ada jeda.

Perbedaan jam tangan quartz dan jam tangan mekanik lainnya:

Jam tangan dengan tenaga baterai mempunyai mekanisme seperti berikut ini: baterai mengirimkan arus listrik melalui sebuah kristal kuarsa kecil, yang pada akhirnya membuat kristal tersebut menghasilkan getaran. Hal ini lah yang menyebabkan banyak produsen jam tangan yang menyertakan tulisan Quartz di jam tangan hasil buatananya. Selanjutnya getaran-getaran tersebut menciptakan gerakan bolak balik dan menggerakan motor yang berfungsi menggerakan mesin jam tangan. Sebaliknya jam tangan mekanik menggunakan energi dari pegas yang mana pergerakan pada jam tangan membuat pegas menghasilkan energy yang dapat menyimpan dan digunakan untuk menggerakan mesin jam tangan tersebut.

Jam tangan dengan tenaga baterai cenderung menjadi pilihan orang saat ini karena selain memiliki gerakan sangat akurat jam tangan dengan tenaga baterai memerlukan perawatan minimal yaitu hanya pergantian baterai secara berkala. Sedangkan teknologi jam tangan mekanik saat ini banyak dipakai merupakan pilihan bagi pecinta jam tangan mewah karena tingkat kualitas dan keahlian gerakan mekanisnya mampu memberikan daya tarik yang tinggi bagi sebagian orang. Tingkat kerumitan dalam membuat jam tangan dengan tenaga mekanik ini mau tidak mau harus dibayar mahal bagi setiap pecinta jam tangan mekanik. Bayangkan saja bagaimana seorang pembuat jam tangan harus mendesain dan mengatur tiap roda atau gear mekanik pada tiap jam yang dibuatnya. Sungguh perkerjaan seorang masterpiece bukan?!

Share this post