Mengenal beberapa materi pembentuk jam tangan anda

komponen jam tangan

Mengenal beberapa materi pembentuk jam tangan anda

Pernahkah anda bertanya dalam hati, materi-materi apakah yang membentuk jam tangan yang selama ini anda pakai? Atau bagi anda yang penting adalah style-nya saja yang menarik? Berikut ini kita coba membahas beberapa materi yang digunakan oleh pabrikan jam tangan untuk dapat menghasilkan jam tangan dengan kualitas yang bagus.

1. Kaca kristal
Kristal merupakan materi yang paling sering digunakan pada kaca jam tangan masa kini. Dari dahulu kristal dikenal dapat dibentuk dari beberapa materi. Namun materi yang paling sering digunakan dalam pembuatan kaca kristal saat ini adalah kaca mineral (mineral glass) dan dasar kristal safir (synthetic sapphire crystals).

Kaca berbahan dasar kaca mineral relatif lebih murah dibandingkan dengan kaca berbahan dasar kristal safir. Kelebihan dari kaca berbahan safir adalah ketahanan terhadap goresan lebih tinggi atau dengan kata lain anti goresnya lebih bagus dibandingkan dengan kaca mineral. Namun bukan berarti kaca mineral tidak mempunyai kelebihan, kelebihannya adalah kalau tertumbuk benda keras kaca mineral tidak akan hancur pecah melainkan hanya membentuk retakan-retakan saja. Sedangkan kaca berbahan safir cenderung untuk pecah jika terkena tumbukan keras.

Jam tangan dengan kualitas tinggi biasanya menggunakan kaca berbahan crystal safir dan memiliki tingkat ketebalan kaca yang tinggi sehingga, mengurangi resiko pecah namun tetap mendapatkan tingkat anti gores yang tinggi.

2. Solid metal construction
Para pencinta jam tangan sudah pasti mengetahui bahwa jam tangan dengan all solid metal construction merupakan pilihan jam tangan yang baik. Jam tangan yang bagus biasanya terbuat dari stainless stell dengan grade 316L, beberapa pabrikan jam tangan menggunakan grade yang lebih rendah untuk memangkas biaya pembuatan jam. Perhatikan pula semua bagian dari jam tangan anda, dan pastikan tidak ada bagian yang terbuat dari bahan lain seperti plastik ataupun bahan non stainless stell lainnya.

 3. Mesin penggerak jam tangan (Mechanical movement)
Ada 2 negara yang paling terkenal dalam membuat mesin penggerak jam tangan yaitu Swiss dan Jepang. Hampir semua jam tangan dengan mesin penggerak dari Swiss berasal dari pabrikan ETA dan Ronda, sedangkan mesin penggerak Jepang berasal dari Seiko, Citizen, dan Casio. Sebaiknya hindari jam tangan yang memilik mesin penggerak selain berasal dari kedua negara tersebut, apalagi yang berasal dari China, karena tingkat presisi dan ketahanannya belum teruji dan diakui oleh dunia.

Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan pecinta jam tangan sekalian. Happy collecting watch :)

Share this post